Berbagai Khasiat Lidah Buaya Yang Tak Pernah Anda Duga

Lidah buaya sebenarnya sudah dikenal dari ribuan tahun yang lalu. Secara sejarah, lidah buaya yang memiliki nama lain aloe vera ini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit serta efektif untuk obat pencahar. Dengan perkembangan jaman, lidah buaya semakin dipercaya memiliki manfaat yang besar. Khasiat lidah buaya ini dipercaya bisa menangani berbagai macam kondisi. Bagian lidah buaya yang dapat digunakan adalah lateks dan gel. Gen di dapatkan dari sel di bagian tengah kulit. Sedangkan untuk lateks, di dapatkan dari sel yang ada di bawah lapisan lidah buaya ini.

Untuk obat, gel dari lidah buaya yang memiliki warna bening seperti jeli sering dipergunakan untuk krim, losion dan salep. Untuk lateks dapat diolah untuk membuat berbagai zat kering. Selain digunakan untuk obat, lidah buaya ini juga sering digunakan masyarakat dalam bentuk yang alami. Biasanya, kaum, hawa menggunakan lidah buaya ini sebagai teman baik untuk perawatan kulit dan rambut. mereka mempercayai bila lidah buaya dapat membuat rambut menjadi semakin indah, bahkan kulit pun menjadi semakin halus.

Masyarakat menggunakan lidah buaya ini sebagai cara mengatasi berbagai macam kondisi. Tetapi secara ilmiah, khasiat lidah buaya yang tak pernah anda duga ini digunakan untuk :

  • Gatal serta ruam di kulit dan mulut. Menuru8t penelitian, berkumur dengan menggunakan obat kumur yang memiliki kandungan lidah buaya selama 3 bulan akan membantu mengurangi rasa gatal serta ruam di mulut. Hal sama berlaku bila mengaplikasikan gel yang memiliki kandungan lidah buaya setiap hari di kulit,
  • Konstipasi. Lateks dari lidah buaya memiliki kandungan bahan kimia yang bisa digunakan untuk obat pencahar. Tetapi Anda harus berhati-hati, karena penggunaan dari lidah buaya ini bisa menyebabkan efek samping seperti diare,
  • Luka di bibir karena virus herpes. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan jika mengoleskan krim yang memiliki kandungan lidah buaya selama 2 kali sehari akan mempercepat proses penyembuhan luka karena virus herpes,
  • Psoriasis. Penggunaan krim yang memiliki kandungan lidah buaya selama beberapa hari akan meredakan psoriasis. Namun hasil tersebut tidak akan terlihat bila hanya menggunakan gel dari lidah buaya.

Penggunaan gel dari lidah buaya ini sepertinya aman. Walaupun demikian, sesekali gel akan membuat kulit menjadi gatal-gatal dan memiliki rasa terbakar. Bukan seperti gel, mengkonsumsi lateks dari lidah buaya yang memiliki dosis tinggi akan berpotensi menyebabkan sakit perut serta kram. Bukan hanya itu, pengonsumsian lateks dari lidah buaya berjangka panjang akan menyebabkan diare, masalah ginjal hingga penurunan berat badan. Anda bisa membaca terlebih dahulu berbagai informasi yang berada di kemasan produk yang memiliki kandungan lidah buaya sebelum mulai menggunakan produk tersebut. Jangan lupa ikuti penggunaan serta menghubungi dokter bila ragu.

Meskipun banyak khasiat lidah buaya, namun lebih baik produk yang memiliki kandungan lidah buaya ini tidak langsung dikonsumsi. Anda bisa membaca kemasan dengan baik. ada beberapa orang yang lebih baik tidak mengkonsumsi lidah buaya ini karena beberapa faktor keamanan. Contohnya seperti anak-anak, apalagi anak yang masih berusia dibawah 12 tahun. Anak kecil akan mengalami kram dan sakit perut setelah mengkonsumsi produk yang memiliki kandungan lidah buaya. Lebih baik jangan memberikan lidah buaya pada anak-anak, kecuali atas seizin dokter. Selain itu jika Anda ingin operasi atau akan operasi, lebih baik tidak mengkonsumsinya, karena lidah buaya bisa mempengaruhi kadar gula darah.