Supaya Hasil Resep Omelet Lembut Lakukan 4 Tips Ini!

Membaca resep omelet atau dadar gulung tentu akan diperlukan kalau Anda berencana menyajikan menu tersebut sebagai sarapan esok pagi. Omelet merupakan olahan telur dan istilah ini dipakai masyarakat Eropa untuk menyebut dadar gulung. Melihat bahan utamanya adalah telur tentu akan disukai oleh siapa saja karena memang gurih dan enak. Biasanya menu omelet ini dijadikan sebagai menu sarapan dan cocok untuk anak-anak maupun orang dewasa, apalagi membuatnya sangat gampang.

Sebenarnya proses membuat omelet tidak sulit sebab tinggal menggoreng telur yang sudah dikocok dengan proses panfry. Akan lebih efektif jika memakai wajan anti lengket atau teplon, sehingga tampilan dadar gulung Anda semakin cantik. Supaya semakin kaya rasa sekaligus kaya nutrisi biasanya ditambahkan aneka bahan isian. Mulai dari beragam sayuran seperti sawi, kol, wortel, jagung manis, dan sebagainya sampai kepada irisan daging yang dicincang. Anda suka isian yang mana?

Tips Membuat Omelet Yang Sempurna

Asalkan bahan isinya berkualitas dijamin sehat dan kaya nutrisi, kemudian supaya omelet ini sempurna yakni lembut dan tidak gosong apalagi hancur. Simak dulu tips membuatnya di bawah ini:

1. Siapkan Bahan Isian Terlebih Dahulu

Bahan isian adalah bahan pertama yang perlu disiapkan pada saat membuat omelet, bisa jamur, kol, atau mungkin irisan daging. Isian yang dipakai sebaiknya di tumis dulu agar tekstur omelet nantinya lebih lembut. Kemudian untuk satu porsi omelet idealnya memakai 2-3 butir telur, jadi jangan hanya satu.

2. Tambahkan Air Sedikit Saja

Memang perlu diakui bahwa cara membuat omelet sangat mudah, namun menjadi sulit kalau ingin omelet yang lembut dan tidak gosong. Supaya hasilnya lebih lembut selain mempergunakan sayuran cincang yang sudah dilayukan dulu dengan cara di tumis. Anda pun bisa menambahkan sedikit air ketika mengocok telur mentah di mangkok atau wadah jenis apapun. Air ini berperan menyerap uap panas saat telur dimasak sehingga hasilnya lebih lembut, kalau ingin lembut lagi bisa percikan air jeruk nipis namun sedikit saja.

3. Baiknya Kocok Sebentar Saja

Biasanya orang kalau membuat omelet akan mengocok telur lumayan lama, bahkan sampai berbuih padahal tidak sedang membuat adonan kue. Idealnya mengocok telur untuk dibuat dadar gulung cukup sebentar saja untuk menghindari pecahnya putih telur. Kalau sudah pecah maka biasanya telur akan mudah gosong sehingga bukannya berwarna gold cantik malah kehitaman di beberapa bagian. Maka kocok sebentar saja sesaat sebelum masuk ke wajan.

4. Tidak Perlu Membalik Omelet

Supaya teksturnya lembut dan enak saat masuk ke mulut maka omelet ini baiknya tidak dibalik, supaya tidak terlalu kering. Cukup satu sisi saja yang dibuat kering sementara di bagian atasnya tetap dibuat setengah matang. Sehingga adonan telurnya seperti krim kental, cukup dilipat saja untuk menghasilkan omelet lembut sekaligus terasa lebih enak. Kalau takut menikmati telur setengah matang maka tidak apa dibalik namun gunakan api kecil supaya tidak gosong.

Baca Juga : Resep Dan Cara Membuat Omelet Dengan Blueband

Omelet atau telur dadar adalah jenis menu yang disukai semua kalangan, apalagi untuk anak-anak karena rasanya sangat gurih. Supaya kaya nutrisi maka diberi isian dari berbagai jenis bahan makanan dan ternyata membuatnya semakin enak. Omelet ini akan lebih enak dan bergizi kalau memanfaatkan margarin BlueBand untuk mematangkanya. Cukup sedikit saja mengambil BlueBand dan saat sudah cari adonan omelet bisa dituang, mudah bukan cara membuat resep omelet ini?