Jaringan Area Luas (WAN)

Jaringan area luas

DOWNLOAD DISINI Aplikasi Pulsa Murah

Jaringan area luas (WAN) adalah jaringan telekomunikasi atau jaringan komputer yang membentang di atas jarak geografis yang luas. Jaringan area luas sering didirikan dengan sirkit telekomunikasi yang disewakan.

Entitas bisnis, pendidikan dan pemerintah menggunakan jaringan area luas untuk menyampaikan data kepada staf, siswa, klien, pembeli, dan pemasok dari berbagai lokasi di seluruh dunia. Intinya, cara telekomunikasi ini memungkinkan bisnis menjalankan fungsinya secara efektif tanpa mempedulikan lokasinya. Internet dapat dianggap sebagai WAN.

Istilah terkait untuk jenis jaringan lainnya adalah jaringan area pribadi (PAN), jaringan area lokal (LAN), jaringan area kampus (CANs), atau jaringan area metropolitan (MAN) yang biasanya terbatas pada ruangan, bangunan, kampus atau metropolitan tertentu. daerah masing-masing.

Pilihan desain
Definisi buku teks WAN adalah jaringan komputer yang mencakup wilayah, negara, atau bahkan dunia. [3] Namun, dalam hal penerapan protokol dan konsep jaringan komputer, mungkin lebih baik melihat WAN sebagai teknologi jaringan komputer yang digunakan untuk mentransmisikan data jarak jauh, dan antara LAN yang berbeda, MAN dan arsitektur jaringan komputer lokal lainnya. Perbedaan ini berasal dari kenyataan bahwa teknologi LAN umum yang beroperasi pada lapisan bawah model OSI (seperti bentuk Ethernet atau Wi-Fi) sering dirancang untuk jaringan proksimal fisik, dan karenanya tidak dapat mentransmisikan data lebih dari puluhan, ratusan bahkan ribuan mil atau kilometer.

WAN tidak hanya harus menghubungkan LAN yang berbeda secara fisik. A CAN, misalnya, mungkin memiliki tulang punggung teknologi WAN yang dilokalisasi, yang menghubungkan LAN yang berbeda di dalam kampus. Ini bisa untuk memfasilitasi aplikasi bandwidth yang lebih tinggi atau menyediakan fungsionalitas yang lebih baik bagi pengguna di CAN.

BACA JUGA : Pulsa Online Murah

WAN digunakan untuk menghubungkan LAN dan jenis jaringan lainnya sehingga pengguna dan komputer di satu lokasi dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi lain. Banyak WAN dibangun untuk satu organisasi tertentu dan bersifat pribadi. Lainnya, yang dibangun oleh penyedia layanan Internet, menyediakan koneksi dari LAN organisasi ke Internet. WAN sering dibangun menggunakan leased line. Pada setiap akhir leased line, router menghubungkan LAN di satu sisi dengan router kedua di dalam LAN di sisi lain. Garis sewa bisa sangat mahal. Alih-alih menggunakan leased line, WAN juga dapat dibangun dengan menggunakan rangkaian switching atau packet switching yang lebih murah. Protokol jaringan termasuk TCP / IP memberikan fungsi transport dan pengalamatan. Protokol termasuk Packet over SONET / SDH, Multiprotocol Label Switching (MPLS), Asynchronous Transfer Mode (ATM) dan Frame Relay sering digunakan oleh penyedia layanan untuk mengirimkan tautan yang digunakan di WAN. X.25 adalah protokol WAN awal yang penting, dan sering dianggap sebagai “kakek” Frame Relay karena banyak protokol dan fungsi dasar X.25 masih digunakan sampai sekarang (dengan upgrade) oleh Frame Relay.

Penelitian akademis terhadap jaringan area luas dapat dipecah menjadi tiga bidang: model matematis, simulasi jaringan dan simulasi jaringan.

Peningkatan kinerja terkadang disampaikan melalui layanan file wide area atau optimasi WAN.