Infrastruktur Jakarta

Infrastruktur

BACA JUGA : Situs Cek Resi

Jalan

Bagian dari Jalan Lingkar Dalam Jakarta atau Jalan Tol Lingkar Dalam Jakarta di Grogol Petamburan, Jakarta Barat
Jaringan jalan terstruktur telah dikembangkan pada awal abad 19 sebagai bagian dari Jalan Great Post Jawa oleh mantan Gubernur Jenderal Daendels, yang menghubungkan sebagian besar kota besar di seluruh Jawa. Selama beberapa dekade berikutnya, jaringan jalan diperluas untuk sebagian besar, meskipun tidak dapat mengikuti jumlah kendaraan bermotor yang meningkat pesat, yang mengakibatkan lalu lintas yang sangat padat.

Sebuah fitur penting dari sistem jalan Jakarta saat ini adalah jaringan jalan tol. Terdiri dari jalan lingkar dalam dan luar dan lima jalan tol yang memancar keluar, jaringan menyediakan sambungan dalam dan luar kota. Jakarta Outer Ring Road 2 adalah jalan tol yang direncanakan mengelilingi kawasan Jakarta lebih luas, sejajar dengan Jakarta Outer Ring Road (JORR 1). Enam jalan tol yang ditinggikan mengalami kemajuan yang lamban. Lima jalan tol yang memancar adalah:

Jalan Prof. Dr. Sedyatmo menghubungkan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta
Jalan Tol Jakarta-Tangerang terhubung ke Tangerang dan selanjutnya menuju Merak di sebelah barat
Jalan Tol Jakarta-Serpong terhubung ke Serpong
Tol Jagorawi terhubung ke Bogor dan Ciawi di selatan
Jalan Tol Jakarta-Cikampek terhubung ke Bekasi dan Cikampek di timur
Sepanjang tahun, beberapa upaya telah dilakukan untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di arteri utama Jakarta. Solusi yang diimplementasikan mencakup undang-undang ‘jam sibuk’ tiga-dalam-satu, di mana mobil dengan penumpang kurang dari tiga penumpang dilarang mengemudi di jalan utama. Contoh lainnya adalah larangan truk yang melewati jalan utama di siang hari. Pada tahun 2016, kebijakan ‘aneh-biasa’ diperkenalkan yang menunjuk mobil dengan papan registrasi aneh atau genap pada hari tertentu. Hal ini bertujuan berfungsi sebagai langkah transisi untuk mengurangi kemacetan lalu lintas hingga pengenalan harga jalan elektronik yang akan semakin efektif.

BACA JUGA : situscekresi.com