Tempat Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi Jika Berlibur ke Pulau Timah

wisatatiga.com – Bagi kamu yang suka traveling, gak ada salah nya jika angkat ransel mu untuk menajajaki salah satu pulau yang ada di pesisir Timur Sumatra Selatan. Berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan dengan hasil bumi yang terkenal diseluruh penjuru dunia, Timah.

Tidak ada kelirunya bila anda mencicipi paronama laut, pantainya landai dengan pasir putih serta batu bongkahan batu granit. Yakinlah, anda seakan-akan anda juga akan menyenanginya.

1. Gunung Menumbing

Tidak cuma suguhan pantai yang eksotis, tapi anda dapat juga belajar sejarag ditempat ini.

Terdapat di daerah Mentok pada arah Barat Laut Pulau Bangka, Gunung Menumbing ini mempunyai ketinggian sekitaran 355 mtr. dpl. Di Gunung Menumbing jugalah adalah tempat pengasingan Bung Karno serta Bung Hatta oleh Belanda pada th. 1948-1949 di Pulau Bangka. Ada satu wisma yang masih tetap tertangani sampai saat ini sebagai tempat dimana Proklamator RI itu diasingkan.

2. Pantai Parai Tengiri

Berjarak sekitaran 40 km dari ibukota Propinsi Bangka Belitung, Pangkalpinang, Pantai Parai Tenggiri adalah satu diantara pantai di Bangka dengan ciri-khas ombak yang lembut serta permukaan yang landai. Pantai Bangka yang satu ini mempunyai pemandangan yang eksotis dengan hamparan batu granitnya yang ciri khas. Seperti pantai Bangka yang lain, pantai Parai Tenggiri juga mempunyai bebatuan granit yang memiliki ukuran besar dalam bermacam bentuk yang unik serta sejumlah banyak.

Pemandangan pantai yang indah bisa anda saksikan ketika menaiki bebatuan granit itu, menyuguhkan Anda keindahan Laut Cina Selatan yang teduh. Terdapat beberapa aktivitas wisata menarik yang bisa dikerjakan wisatawan, salah satunya banana boat, parasailing, sampai snorkel di Parai Tenggiri.

Diluar itu, bila anda sukai memancing di pantai ini, ada penyewaan perahu pancing yang lengkap dengan perlengkapannya. Satu diantara obyek wisata di Bangka Belitung ini diperlengkapi dengan sarana akomodasi yang lengkap, ada hotel sampai ressort yang bisa Anda menempati dan sarana permainan air.

Agar bisa masuk, anda mesti membayar ticket masuk Pantai Parai Tenggiri sebesar Rp 25 ribu per orang serta ticket ini kelak bisa ditukar dengan makanan atau minuman yang berada di restoran yang terdapat di tepi pantai.

3. Pantai Penyak

Berikut satu diantara pantai di Bangka dengan garis pantai terpanjang, menjangkau sampai 3 km. Pantai Penyak mempunyai pesona pada permukaan pantainya yang landai serta ada pas di tepi jalan raya yang menghubungkan Pangkalpinang dengan Koba. Berikut sebab obyek wisata di Bangka ini sering jadikan jadi tempat berkunjung serta bersantai untuk mereka yang tengah dalam perjalanan.

Di hari-hari libur serta akhir minggu, lokasi pantai ini senantiasa ramai dikunjungi orang-orang Bangka untuk nikmati pemandangan serta bermain-main di bibir pantai. Nikmati air kelapa muda adalah langkah beda yang sering dikerjakan wisatawan di Pantai Penyak.

4. Pantai Penyusuk

Berikut satu diantara mutiara indah dari beragam obyek wisata Bangka yang menarik. Pantai Penyusuk terdapat di Bangka sisi utara, mempunyai pemandangan pantai yang indah. Anda juga akan menjumpai tumpukan batu granit yang seakan membuat satu ceruk di pantai ini. Ditambah sekali lagi dengan pepohanan hijau yang tumbuh di pesisir pantai dan kehadiran empat buah pulau yang berjajar indah.

Satu diantara tujuan wisata Bangka yang popular di kelompok orang-orang Bangka ini mempunyai ombak laut yang tenang. Oleh karena itu, berenang serta bermain air laut di pantai ini adalah aktivitas paling favorite yang dikerjakan beberapa orang. Bila anda menginginkan berkunjung di pulau-pulau yang berada di sana, anda bisa menyewa perahu nelayan dengan kemampuan sampai 10 orang, kisaran harga Rp 150 ribu sampai 250 ribu.

Pulau yang paling favorite untuk disinggahi adalah Pulau Lampu karna memegang peranan jadi mercusuar. Di sinilah banyak wisatawan menggunakan saatnya dengan berenang serta bermain air laut. Janganlah cemas, ada dua buah kamar mandi untuk mencuci badan sesudah berenang di air laut.