Ada Beberapa Dokumen yang Perlu Dipersiapkan Untuk Memasuki Dunia Kerja

Terlepas dari jenis pekerjaan apa yang kalian inginkan, kalian harapkan dan tuju, tentu ada hal yang perlu dipersiapkan untuk meraihnya. Dan itu tak terlepas dari dokumen-dokumen berharga yang harus kalian punya.

1. Ijazah serta transkrip nilai, bersama legalisirnya.

Ini yaitu dokumen yang begitu perlu untuk memperoleh pekerjaan yang layak dalam satu perusahaan terpenting yang kalian incar. Bila kalian mengambil keputusan untuk merantau dari daerah asal maupun pergi mencari pekerjaan jauh dari tempat kalian sempat berkuliah, jadi legalisir serta perbanyaklah dokumen perlu ini untuk mempermudah masalah sesampainya ditempat maksud kalian.

2. Sertifikat-sertifikat ketrampilan, piagam penghargaan, sertifikat aktivis mahasiswa, sertifikat kursus, sertifikat seminar, dan lain-lain.

Umumnya, dokumen ini jadi nilai plus di mata HRD/Personalia bahkan juga Pimpinan lembaga atau perusahaan untuk terima kalian di perusahaannya.

3. SKCK (Surat Info Catatan Kepolisian)

Bila yang ini mengurusnya ya di Polsek/Polres/Polda setempat dengan syarat-syarat yang gampang. Umumnya, yang butuh kalian bawa untuk pengurusannya yaitu foto copy KTP/SIM, photo (bawa saja beragam ukuran), foto copy KK, dan uang. Ini fungsinya untuk memerlihatkan serta memberikan keyakinan intansi/perusahaan yang kalian menuju, sebenarnya orang yang melamar serta menginginkan bekerja di perusahaan mereka tidak mempunyai catatan spesial dari kepolisian.

4. Surat Info Berbadan Sehat dari Dokter Puskesmas maupun Tempat tinggal Sakit)

5. Surat Info Bebas Narkoba

Tempat pengurusannya juga sama juga dengan mengurusi SKCK. Kalian cuma butuh membawa photo, foto copy KTP, beberapa uang manfaat test urine.

6. Surat Info Belum juga Menikah dari Lurah/Camat/Pihak yang terkait.

Pengurusan surat ini demikian gampang. Bila petinggi daerah itu tengah berada di tempat, surat ini dapat usai dalam sehari saja. Surat info ini umumnya banyak dipakai untuk melamar pada Bank, Kepolisian, serta sebagian perusahaan atau intansi yang memerlukan pegawai muda.

Baca Juga: Cara mencetak dokumen

7. Kartu Pencari Kerja (Ak. 1)

Untuk memperoleh kartu ini, cukup hanya datang di DISNAKER daerah setempat dengan membawa foto copy ijazah sekolah sampai yang paling akhir, foto copy KTP, foto ukuran 3×4. Ini dipakai jadi bukti diri kalau kalian juga akan melamar pekerjaan disuatu lembaga atau perusahaan.

8. Surat info magang atau surat info sempat bekerja.

Surat info ini dapat tunjukkan pengalaman serta kekuatan kalian dalam bekerja. Surat info ini yaitu sisi terutama serta punya pengaruh dalam pemilihan penerimaan kalian dalam satu intansi/perusahaan. Perusahaan juga akan suka memperkerjakan orang yang memiliki pengalaman di bagian yang tengah mereka perlukan.