Panduan Keuangan Buat Kamu Yang Baru Lulus Kuliah Tapi Belum dapat Pekerjaan

Baru lulus kuliah, belum dapat kerja, tapi kebutuhan sudah banyak? Mungkin ini hal-hal yang dirasakan oleh kaum fresh graduate. Ijazah di tangan ternyata tak langsung menjamin kehidupan yang mapan.

Terdapat beberapa step yang perlu dilalui saat keadaan finansial semakin mencekik. Karenanya Panduan Praktis ini mesti anda aplikasikan, untuk kantong yang tambah nyaman.

1. Janganlah remehkan pengeluaran kecil.

Terkadang kita terasa tidak sayang uang saat menginginkan beli jajanan murah seperti siomay atau cilok, walau sebenarnya malah pada pengeluaran-pengeluaran kecil tersebut uang kita tidak termonitor. Jadi tetaplah perketat pengeluaran-pengeluaran kecilmu.

2. Berhemat sehari-hari.

Walau hari libur atau apa pun janganlah beri peluang pada dirimu untuk berfoya-foya. Tidak jadi masalah bersakit-sakit dulu karna anda sedang dalam masa-masa transisi. Bila anda berhasil menahan diri serta membenahi keuanganmu dengan baik, berhasil telah berada di depan mata.

3. Janganlah malu terima uang saku.

Orangtua masih tetap punya niat memberikanmu uang saku? Janganlah malu untuk menerimanya walau anda terasa telah dewasa karna telah lulus kuliah. Terimalah keadaan kalau saat ini anda masih tetap berjuang. Bila anda dapat ‘berlari’ lebih cepat dengan uang mereka, mengapa tidak?

4. Dapatkan ide finansial.

Motivasi itu seperti baterai hp yang butuh di-charge setiap waktu. Anda pasti telah memahami dengan rencana berhemat, namun anda akan seringkali lupa mengaplikasikannya. Karenanya cari ide lewat film, buku, artikel, atau apa pun yang dapat memberi ide finansial untuk kamu.

5. Jadilah pekerja terlepas.

Saat ini banyak peluang untuk jadi pekerja terlepas, ini begitu pas untuk fresh graduate seperti anda. Anda dapat jadi tutor untuk anak sekolah, penulis, maupun pekerjaan yang lain yang dapat ditangani tanpa ada mesti pergi ke kantor. Akhirnya mungkin saja pemasukan yang lumayan.

Bila kelimanya telah dapat anda aplikasikan, keadaan keuanganmu saat lulus akan tidak sangat memprihatinkan. Selamat berjuang ya!