Cara Ternak Lintah dengan mudah

Banyaknya manfaat yang bisa di dapatkan dari lintah membuat banyak orang kini berlomba-lomba untuk membudidayakan ternak lintah. Lintah saat ini tidak lagi dianggap binatang parasite, ia bahkan telah digolongkan menjadi hewan budidaya. Lintah dapat di budidayakan (diternak) dengan cara ternak lintah yang benar. Selain banyaknya manfaat yang bisa di dapat dari lintah, proses perkembang biakan lintah yang cenderung cepat menyebabkan banyak orang mulai mengembangkan bisnis budidaya lintah.

minyak lintah asli papua

Lintah yang telah banyak menghisap darah akan beristirahat 3 – 6 bulan,kemudian ia bertelur dan beranak.Lintah dapat dibudidayakan asal dengan menerapkan cara ternak lintah yang baik dan sesuai. Berikut tips cara ternak lintah agar mendapatkan hasil yang maksimal:

  • 1.Mempersiapkan tempat tinggal lintah merupakan cara ternak lintah yang paling awal. Sebelum memulai segala sesuatu, pastilah butuh persiapan yang matang bukan?Dalam tahap ini, pelaku ternak lintah harus memperhatikan suhu untuk media perkembang biakan lintah.
  • 2.Lokasi budidaya sebaiknya dibuat semirip mungkin dengan habitat aslinya.Pilihlah lokasi yang tidak terpapar matahari langsung, teduh dan lembab.Tempat ternak lintah bisa berupa kolam, akuarium, kolam fiber ataupun kolam kaca. Ukuran kolam bisa dibuat sebebas mungkin (tidak ada aturan baku), yang terpenting adalah pada dasar kolam harus diberi lumpur, bebatuan, tanaman-tanaman berakar, pasir, roster atau genting agar lintah dapat menempelkan kokonnya.
  • 3.Suhu air ideal untuk ternak lintah adalah sekitar 25-30 derajat celcius dengan derajat keasaman air 5-7, kelembapan udara 30-40%.
  • 4.Siapkan makanan lintah berupa pakan belut atau hewan-hewan invertebrate (tidak bertulang bekalang) seperti cacing, siput, dan larva serangga.
  • 5.Pilihlah induk lintah yang berumur paling sedikit 6 bulan dan berilah makan satu kali di dalam dua minggu.
  • 6.Proses pengawinan lintah dilakukan dengan carameletakkan induk dalam wadah berukuran 1 m3 yang diisi 800 ekor induk. 50 ekor induk lintah bisa menghasilkan kira-kira 20.000 bibit ekor lintah.
  • 7.Setelah bertelur, induk lintah dipisahkan ke kolam lain agar tidak memakan anaknya. Pada awalnya, anakan lintah cukup diberi pelet dan baru setelah 2 bulan diberi darah dari pakan hewan ternak invertebrate.
    Sumber : http://www.minyaklintahaslipapua.com/