4 Macam Gaya Renang Lengkap dengan Penjelasannya

Menurut sejarah renang di sebutkan bahwa renang menjadi salah satu olahraga yang telah ada sejak zaman dahulu. Hal ini disebutkan melalui gambar renang yang ada pada sebuah gua di sebelah barat daya Mesir.

Dalam sebuah perlombaan, semua peserta renang dipaksa untuk mengadu kecepatan melewati rintangan dalam lintasan dengan menggunakan gaya renang.

Yang tercepat akan menjadi pemenangnya.

Berikut ini 4 Macam Gaya Renang beserta penjelasannya:

1. Gaya Dada
Renang gaya dada dikenal juga dengan gaya katak yaitu berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air serta batang tubuh selalu dalam keadaan tetap.

Kedua belah kaki menendang ke arah luar sambil meluruskan kedua belah tangan ke arah depan.

2. Gaya Bebas
Renang gaya bebas yaitu gaya renang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua belah lengan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh sedangkan kedua belah kaki secara bergantian di cambukkan.

3. Gaya Kupu-kupu
Renang gaya kupu-kupu yang disebut butterfly stroke. mengapa? karena gerakan kakinya yang menyerupai lumba-lumba.

Dalam pergerakan gaya kupu-kupu ini akan sangat mudah jika menggunakan baju renang muslimah untuk memperlancar gerakan.

Gaya renang ini merupakan turunan gaya dada dan gaya katak. Dengan posisi dada menghadap ke bawah, kedua belah lengan secara bersamaan ditekan ke bawah lalu ke belakang.

4. Gaya Punggung
Membahas ketiga gaya renang tadi yang sudah dijelaskan, berbeda halnya dengan gaya renang punggung.
Gaya renang punggung merupakan salah satu posisi yang menghadap ke permukaan air. Gerakan kaki dan tangan menyerupai gaya bebas.

Dengan posisi tubuh terlentang di permukaan air. Kedua belah tangan mengikuti gerakan tubuh seperti pinggang yang mengayuh gerakan.

Sumber: Baju Renang Anak