Rasakan Keseruan Geo Tubing Lava Bantal, Sleman, Yogyakarta

Saat ini Kabupaten Sleman terkenal dengan objek wisata bertemakan budaya seperti Candi Prambanan, Istana Ratu Boko dan candi lainnya. Kawasan ini juga terkenal dengan wisata alamnya yaitu Lava Tour Merapi dan juga kawasan wisata Kaliurang. Tidak banyak wisatawan yang tahu kalau Sleman memiliki objek wisata alam susur sungai yang unik dan menyenangkan yaitu Geo Tubing Lava Bantal. Objek wisata ini masih tergolong baru dan mulai dikembangkan oleh pemda setempat sebagai objek wisata alternatif bagi wisatawan yang datang ke Jogja.

Sapa seperti kegiatan river tubing pada umumnya, wisatawan akan diajak menyusuri aliran sungai yang dijamin seru dan memacu andrenalin. Yang membedakan dengan river tubing di Kali Oyo dan Surobayan adalah kegiatan disini walau jarak tempuhnya tidak panjang namun sedikit lebih ekstrim karena jeramnya lebih deras dan menantang. Hal tersebut dikarenakan di sepanjang sungai terdapat sebuah fenomena alam yaitu berupa bebatuan alam yang terbentuk dari pembekuan lava letusan Gunung Merapi yang berada di kedua sisi sungai. Bebatuan besar yang saling menyambung itu menciptakan jeram yang sangat menantang bagi para wisatawan yang ingin mencobanya. Bebatuan tersebut terlihat seperti bantal sehingga disebut Lava Bantal oleh masyarakat sekitar.

Jika ingin mencobanya wisatawan bisa menyewa perlengkapan geo tubing yang disediakan oleh provider setempat. Pengunjung akan mendapatkan pelampung, helm, alat pelindung tulang kering, alas kaki, dan juga ban sebagai alat untuk mengarungi aliran sungai. Karena arus sungai dan heram yang deraas pastikan bahwa semuanya terpasang dengan baik.

Lokasi Wisata:

Jika penawasan dan inginmencoba sensasi geo tubing di Lava Bantal, wisatawan bisa mendatangi penyedia jasa layanan ini yang terletak di Dusun Dadapan, Desa Tanjungtirto, Kecamatan Berbah, Sleman. Jika wisatawan datang dalam jumlah besar bisa sewa bus pariwisata murah di Jogja.

Harga Tiket Masuk:

Untuk masuk kawasan ini belum dimintai biasa masuk hanya dimintai tarif parkir. Tarif Geo Tubing ada dua untuk rute panjang: Rp 55.000 dan rute pendek: Rp 30.000. Aktivitas ini dibuka setiap hari mulai pukul 09.00 – 15.00 WIB.

Tips Berwisata:

Berikut tips sederhana saat berwisata di Kawasan Geo Tubing Lava Bantal:

  1. Isi perut sebelum melakukan kegiatan ini karena aktivitasnya cukup menguras energi.
  2. Bawa pakaian basah.
  3. Pakailah busana yang nyaman untuk dipakai basah-basahan.
  4. Gunakan alas kaki yang ada tali pengamannya agar tidak hanyut.
  5. Jagalah kebersihan kawasan wisata.