Pac-Man – Game Video Paling Penting sepanjang masa

Hari ini akan mengejutkan bertemu dengan seorang gamer yang belum pernah mendengar Pac-Man. Permainan, serta pahlawan lapar kita, telah menjadi ikon permainan arcade dan budaya pop tahun 80-an, menyodorkan video game dari mode ke dalam fenomena. Pac-Man menelurkan pasarnya sendiri di luar sekadar permainan video dengan mainan, pakaian, buku, kartun, bahkan produk makanan, dan semuanya dimulai dengan sedikit ide untuk permainan tentang makan. Play Racing Games Online

Fakta dasar:
Judul: Pac-Man alias Puck Man

Tanggal Peluncuran: Jepang 1980, Amerika Utara 1981
Platform: Coin-op video arcade cabinet
Pengembang: Namco
Produsen: Namco (Jepang), Midway (Amerika Utara)
Perancang: Tōru Iwatani

Sejarah Pac-Man:
Namco, pengembang utama game arcade mekanis, telah menjadi perusahaan mapan di Jepang sejak mereka memulai tahun 1955, dan pada akhir tahun 70-an sudah menjadi pemain utama di pasar video arcade berkat permainan pertama mereka, Gee Bee (pelarian yang rumit terhadap Breakout) dan penembak ruang pertama mereka Galaxian (terinspirasi oleh Space Invaders)

Salah satu perancang utama Namco, Tōru Iwatani, yang sebelumnya merancang Gee Bee dan sekuel berikutnya, berusaha membuat permainan yang akan memenuhi audiens pria dan wanita.

Ada beberapa teori tentang bagaimana Tōru datang dengan Pac-Man, makhluk paling populer yang Tōru melihat sebuah pizza kehilangan sepotong dan menjadi seketika terinspirasi. Terlepas dari bagaimana dia mengemukakan gagasan itu, satu hal yang telah dipastikan pastinya adalah bahwa dia ingin membuat permainan di mana aksi utamanya sedang makan.

Selama waktu di mana sebagian besar permainan adalah permainan Pong rip-off atau penembak ruang di mana tujuannya adalah untuk membunuh, gagasan tentang permainan makan tanpa kekerasan tidak dapat disalahkan untuk sebagian besar, tapi Tōru bersama timnya mampu merancang dan membangun keluar game dalam 18 bulan

Di bawah judul aslinya Puck Man, game yang dirilis di Jepang pada tahun 1979 dan sempat menjadi hit instan.
Karena mereka sekarang sukses besar di tangan mereka, Namco ingin melepaskan permainan ini ke A.S., yang bersama dengan Jepang merupakan pasar game arcade terbesar. Masalahnya adalah mereka tidak memiliki saluran distribusi di Amerika Utara sehingga mereka mensubkontrakkan permainan ke Midway Games.

Dengan kekhawatiran bahwa nama Puck Man bisa dengan mudah membuat “P” berubah menjadi “F” oleh pranksters dengan spidol ajaib, keputusan dibuat untuk mengubah nama permainan di Amerika menjadi Pac-Man, sebuah moniker yang menjadi begitu Identik dengan karakter yang namanya sekarang digunakan di seluruh dunia.

Pac-Man sukses besar dalam memecahkan rekor di A.S. Meluncurkan karakter menjadi bintang dengan arcade dan budaya populer. Segera setiap arcade, restoran pizza, bar dan lounge berebut untuk mendapatkan lemari meja tegak atau koktail yang paling populer dengan pemakan makanan sepanjang masa.

Untuk Pac-Man dan Ghost Monster History Visit – Ghost Monster Autopsy: Sejarah Pac-Man dan Musuh-musuhnya yang Undead

Gameplay:
Pac-Man berlangsung dalam satu layar yang dilengkapi dengan labirin yang dihuni oleh titik-titik; Dengan generator hantu di bagian tengah bawah, dan Pac-Man dipasang di bagian bawah layar tengah.

Tujuannya adalah untuk melahap semua titik di labirin tanpa tertangkap oleh Ghost (disebut sebagai Monster dalam game aslinya).
Jika hantu menyentuh Pac-Man maka itu adalah tirai untuk kuning kecil di atas pemakan.
Tentu saja, Pac-Man bukan tanpa senjatanya sendiri, di setiap sudut labirin adalah pelet kekuatan. Ketika Pac-Man makan satu pelet, semua hantu berubah menjadi biru, menunjukkan bahwa aman bagi Pac-Man untuk mengunyahnya. Setelah dimakan, hantu berubah menjadi mata mengambang yang membuat dash kembali ke generator hantu untuk set kulit baru.

Sementara Pac-Man mendapat poin dengan titik menelan dan pelet kekuatan, dia mendapatkan bonus untuk setiap hantu yang dia makan, dan bahkan lebih ketika dia mengunyah buah yang secara acak muncul di labirin.

Setelah Pac-Man makan semua titik di layar, tingkat selesai dan drama sinematik singkat yang menunjukkan Pac-Man dan Monster Hantu saling berkejaran dalam berbagai skenario.

Ini adalah salah satu contoh paling awal dari sinematik antara tingkat, sebuah konsep yang diperluas untuk memasukkan narasi pada tahun 1981 dengan Donkey Kong.

Setiap tingkat berikutnya adalah desain labirin yang sama seperti yang pertama, hanya dengan hantu yang bergerak lebih cepat, dan efek pelet kekuatan yang bertahan dalam periode waktu yang lebih singkat.

Game Sempurna Pac-Man:
Permainan ini dirancang untuk tidak pernah berakhir, berpotensi berlangsung selamanya atau sampai pemain kehilangan semua nyawa mereka, namun, karena bug itu tidak dapat dimainkan melewati level ke 255. Setengah layar berubah menjadi gobbledygook, sehingga tidak mungkin melihat titik-titik dan labirin di sisi kanan. Ini disebut sebagai layar kill sejak bug membunuh game.

Untuk memainkan permainan Pac-Man yang sempurna membutuhkan lebih dari sekadar memakan semua titik di setiap layar, itu juga berarti Anda harus makan setiap buah, setiap pelet kekuatan dan setiap hantu saat mereka menjadi biru, dan tidak pernah kehilangan kehidupan. , Semua dalam 255 level yang diakhiri dengan layar kill. Ini akan memberi pemain grand total skor 3.333.360.

Orang pertama yang memainkan game Pac-Man yang sempurna adalah Billy Mitchell, yang juga merupakan juara tertinggi di Donkey Kong dan subjek dokumenter The King of Kong: Serentak Quarters dan Chasing Ghosts: Beyond the Arcade.

Pac-Man Menginjak Pop-Culture:
Pac-Man tetap menjadi salah satu karakter paling ikon di video game. Pengaruhnya terhadap budaya pop sangat luas dan ada hubungan aneh antara Pac-Man dan Christmas.