Jual Kubah Masjid Stainless Jakarta

Jual Kubah Masjid Stainless Jakarta – At Taibin sebagai nama masjid ini dengan harfiah bermakna ‘Tempat Orang Bertaubat’ Adalah satu diantara masjid tua serta bersejarah di Jakarta sezaman dengan Masjid Az-Zawiyah yang dibuat tiga th. lebih dahulu di lokasi Pekojan oleh muslim Arab. Catatan histori dua masjid yang dibuat pada saat yang tidak terpaut jauh ini tunjukkan pesatnya perubahan kota Batavia ketika itu sekalian tunjukkan telah memudarnya “pengharaman” pembangunan masjid didalam tembok kota Batavia oleh Kompeni Belanda.

Melalui saat dua era, Masjid At Taibin Senen jadi saksi bisu perubahan lokasi tempat nya berdiri mulai sejak Jakarta masih tetap berbentuk Kampung Besar hingga dimasa saat ini, saat bangunan masjid ini terlihat seperti miniatur dibanding dengan gedung gedung jangkung apartemen serta perkantoran yang saat ini mengepungnya di lokasi Senen Jakarta Pusat, Kubah Masjid.

Histori Masjid Jami’ At Taibin

Masjid At Taibin dibangun oleh beberapa pedagang sayur di Pasar Senen serta masyarakat setempat sekitaran 1815 tetapi baru terdaftar di peta Batavia th. 1918. Pembangunannya atas prakarsa mereka sendiri serta dari dana swadaya. Awalannya, masjid ini bernama Masjid Kampung Besar Lalu bertukar nama jadi Masjid Imroni’ah serta baru pada th. 1970-an, namanya ditukar sekali lagi jadi At Taibin sampai sekarang ini.

Dalam perjalanan sejarahnya masjid ini jadi saksi support dari beberapa pedagang di pasar senen pada perjuangan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Belanda dengan berikan support logistik pada beberapa pejuang yang dihimpun di masjid ini.

Masjid ini jadi tempat membuat kiat hadapi kemampuan belanda. Terutama dalam pertempuran Senen, Tanah Tinggi serta Keramat. Di masjid ini juga beberapa pejuang berkumpul serta memperoleh siraman rohani. Tidak heran, sesudah keluar dari masjid ini, semangat juang mereka makin menyala-nyala.

Saat ini, ditengah gencar berubahnya muka kota Jakarta, Mesjid Jami Attaibin seolah terbenam oleh gemerlap gedung-gedung pencakar langit di lokasi Senen, Jakarta Pusat. Meskipun demikian, kesejukan masjid ini semakin merasa. Di sinilah beberapa pegawai gedung-gedung itu sembahyang. Lingkungannya yang asri, menaikkan kekhusukan beribadah, Jual Kubah Masjid Stainless Jakarta.

Terkecuali tempat melaksanakan ibadah, Masjid At Taibin juga mempunyai beberapa sarana sosial beda seperti instansi pendidikan simpel untuk anak-anak, baitul mal, serta koperasi taruh pinjam.

Waktu Ramadan, jumlah pengunjung At Taibin jadi bertambah. Pengurus masjid juga buat beberapa program lengkapi keperluan spiritualitas jamaah, seperti ceramah agama selesai salat fardu, serta kultum mendekati salat tarawih serta salat subuh. Diluar itu, sepanjang bulan Ramadan, mereka mempersiapkan acara buka puasa dengan, mengadakan bakti sosial mendekati Hari Raya Idul Fitri, serta santunan pada anak-anak yatim.

Senen dalam kilasan sejarah

Menurut catatan histori, nama Senen di ambil dari nama pasar yakni Senin. di masa penjajahan Belanda di Batavia, awal mulanya daerah Senen berbentuk rawa serta belukar. Juicetinus Vinck yang lalu punya niat membangun pasar di daerah kosong itu. Sesudah memperoleh ijin dari pemerintah Hindia Belanda lewat Gubernur Abraham Petrus pada tanggal 30 Agustus 1735 tanah itu di jual oleh Vinck pada Mossel yang mengelola pasar itu. Di sekitaran pasar Senen di buat satu kanal untuk hindari banjir di daerah ini. Kanal itu saat ini populer dengan nama Kalilio.

Perkembangan Pasar Senen ini menarik perhatian beberapa pendatang dari beragam daerah untuk buka usaha maupun ambil kesempatan yang lain. Di antara mereka sudah pasti yaitu golongan pribumi muslim yang tinggal serta berdagang di lokasi pasar itu. Ditilik dari th. mulai berdirinya pasar senen s/d berdirinya Masjid Jami At-Taibin ini terpaut saat cukup lama sekitaran 80 th., hal itu mungkin saja karna memanglah awal mulanya pasar senen cuma untuk perdagangan sayur mayur serta sebagian besar di kuasai oleh orang orang Thionghoa, Jual Kubah Masjid Stainless Jakarta.