3 Software HRD dan Payroll Terbaik di Indonesia

Pengaturan informasi dan data karyawan sebuah perusahaan diatur oleh bagian HRD (Human Resource Department). Karena jumlah karyawan yang besar, terkadang HRD menggunakan software untuk membantu melakukan tugasnya. Berikut ini adalah daftar tiga software HRD yang sering digunakan oleh perusahaan besar di Indonesia. Software pada daftar berikut dipilih karena beberapa alasan. Salah satu alasan yang mendasar adalah dikarenakan proses penggunaannya yang mudah. Kemudahan yang ditawarkan tidak hanya berlaku bagi HRD, akan tetapi bagi karyawan itu sendiri.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, HRD memiliki tiga tanggung jawab utama. Tanggung jawab yang pertama adalah untuk mengelola informasi yang terkait dengan karyawannya. Informasi tersebut berisi tentang data diri dan informasi karyawan. Kedua, HRD perlu mengetahui produktivitas karyawannya. Hal ini dapat dilihat dari performa bekerja dan presensi kehadiran. Tugas yang terakhir adalah untuk menghitung gaji setiap karyawan. Software berikut sangat disarankan bagi HRD karena dapat mempermudah HRD untuk menjalankan semua tugas tersebut.

Daftar Software HRD dan Payroll Terbaik

1 ) Payrollbozz

Berbicara mengenai software HRD dan payroll terbaik yang sering digunakan oleh perusahaan besar, Payrollbozz layak menduduki tempat pertama. Software ini menjadi pilihan utama bukan hanya karena reputasinya yang terpercaya namun karena kemudahan yang ditawarkannya. Beberapa fitur yang disediakan oleh software ini juga memungkinkannya digunakan secara fleksibel terlepas dari jenis perusahaan yang menggunakannya. Tidak hanya itu, kelebihan utama dari software yang satu ini adalah kemudahan akses yang memudahkan baik HRD maupun karyawan.

2 ) Sleekr

Software HRD yang menempati posisi kedua adalah Sleekr. Software yang satu ini menjadi pilihan utama karena beberapa fitur unggulan yang ditawarkannya. Salah satu fitur unggulan tersebut adalah fitur broadcast. Fitur ini memungkinkan HRD menyampaikan pengumuman penting kepada setiap karyawan mengenai berita, pengumuman, atau pembaharuan tertentu yang ingin disampaikan oleh pihak perusahaan. Informasi tersebut akan dikirimkan secara otomatis ke halaman utama pada akun milik karyawan.

3 ) Datanesia

Software yang sangat disarankan untuk HRD selanjutnya adalah Datanesia. Seperti halnya dengan software sebelumnya, software HRD yang satu ini juga menawarkan kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan HRD. Kelebihan utama dari software yang satu ini adalah tampilan antarmukanya yang sederhana. Tampilan antarmuka ini memungkinkan HRD untuk dapat mengisikan dan mengelola data karyawan dengan lebih mudah. Dengan kemudahan yang ditawarkan, kesalahan dalam pengisian dapat ditekan seminimal mungkin.

Seperti yang dapat dilihat pada daftar di atas, setiap software memiliki spesifikasinya masing-masing. Spesifikasi yang berbeda tersebut memungkinkan setiap software menawarkan keunggulan yang berbeda pula. Beberapa fitur yang ditawarkan oleh setiap software dapat disesuaikan dengan keperluan. Ketika sedang memilih software untuk membantu HRD dalam melaksanakan tugas-tugasnya, sangat disarankan untuk menggunakan software yang sesuai dengan keperluan tersebut. Selain disesuaikan dengan kebutuhan, jenis perusahaan juga dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan pemilihan yang sesuai.

Meskipun keberadaan software di atas dapat membantu tugas HRD, akan tetapi pengawasan secara manual perlu dilakukan. Software tersebut dapat bekerja secara otomatis dan teratur. Hal ini menjadi pertimbangan untuk mengurangi kesalahan yang sering dilakukan apabila tugas HRD dilakukan secara manual. Kesalahan yang terjadi biasanya karena kesalahan dalam memasukan input data sebagai bahan awal perhitungan. Pengecekan ulang sangat diperlukan untuk memastikan bahwa software penggajian dan HRD yang digunakan telah melaksanakan tugasnya dengan baik.