Contoh Pasar Persaingan Sempurna

Contoh Pasar Persaingan Sempurna , pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang apa itu pasar persaingan sempurna, untuk itu simaklah artikel dibawah ini.

Pasar persaingan sempurna bisa dikatakan juga pasar persaingan murni yaitu pasar dimana ada banyak penjual dan pembeli dan mereka sudah sama-sama mengetahui keadaan pasar.

Contoh Pasar Persaingan Sempurna

Ataupula dapat pula diartikan bahwa pasar persaingan sempurna ialah pasar dengan jumlah penjulan dan pembeli yang sangat banyak, sehingga tidak ada satu pun penjual atau pembeli yang bisa mempengaruhi harga.

Pasar Menurut Bentuk Dan Strukturnya

Dalam hal ini pasar menurut grafiknya dibedakan menjadi empat macam yaitu pasar persaingan sempurna, monopoli, persaingan monopolistik dan oligopoli.

Contoh Pasar Persaingan Sempurna

Contoh pasar persaingan sempurna adalah ialah pasar hasil-hasil pertanian, pasar sayur, pasar kurma, pasar buah dan lain-lain.

Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna

Dibawah ini adalah kelebihan pasar persaingan sempurna yaitu:

  • Pada pasar persaingan sempurna tidak tampak kegiatan saling menyaingi antar pembeli.
  • Penjual tidak mungkin mengadakan persaingan harga dengan maksud merebut pasar, karena harga pasar ialah suatu yang harus diterima masing-masing produsen.
  • Barang yang ditawarkan penjual akan laku berapa pun jumlahnya tanpa mengalami penurunan harga.
  • Tidak mungkin mengugah bentuk barang untuk membuat pasar karena adanya homogenitas barang.
  • Informasi tentang pasar telah diketahui oleh saingan usaha dan usaha untuk menyaingi perusahaan lainnya juga tidak menghasilkan apa-apa, karena jumlah saingan sangat tidak terbatas.
  • Konsumen tidak perlu beradu tegang tentang tawar-menawar harga barang karena harga tidak dapat dipengaruhi oleh siapapun.

Itulah salah satu pengertian dari Contoh Pasar Persaingan Sempurna, untuk artikel lainnya silahkan baca di

http://materikelas.web.id

https://id.wikipedia.org/wiki/Pasar_persaingan_sempurna